Thank you!

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

Minimal Design

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

Download high quality wordpress themes at top-wordpress.net

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

Easy to use theme’s admin panel

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type ...

Prev Next

Archive for Desember 2010

A Post Without Image

Dampak IT dalam kehidupan

Di zaman yang telah modern dan semakin maju ini siapa lagi yang tidak mengenal komputer. Di masa kini, komputer telah menjadi bagian hidup dari umat manusia. Komputer sebagai bentuk dari teknologi komunikasi merupakan media yang sering dipakai oleh banyak orang. Dahulu komputer diciptakan manusia sebagai alat bantu hitung. Kemudian bertambah menjadi suatu alat pengolah kata. Lalu juga untuk menyimpan data yang kecil, hingga mampu menyimpan data dalam jumlah yang besar. Dan lama-kelamaan juga menjadi alat hiburan dan multimedia. Kini telah banyak bermacam – macam program dan fitur yang mampu dijalankan oleh komputer. Tampilan komputer kini juga telah berwarna sehingga semakin menarik minat para pengguna. Di samping itu, komputer juga menawarkan banyak pilihan software yang memudahkan pengguna dalam menghadapi pekerjaannya.Kemudahan dan kepraktisan dari komputer membawa alat ini menjadi media utama bagi sebagian besar orang dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Berbeda dengan dahulu, komputer kini dibagi menjadi beberapa jenis dan ukuran serta fungsi. Ada komputer yang berisi program-program untuk bidang kedokteran, ekonomi, teknik dan sebagainya. Komputer saat ini dapat berupa laptop atau notebook yang dapat dibawa ke mana-mana dengan ukuran tidak sebesar komputer lazimnya dan ringan. Kecanggihan lain adalah layar komputer yang makin hari makin besar dan dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur yang disediakan dapat dipilih dan disesuaikan oleh para penggunannya.
Semua kecanggihan yang dibuat dan dihasilkan oleh para ahli membuat komputer menjadi alat yang memudahkan orang dan menarik untuk dicoba. Menurut peneltian, manusia suka dengan hal-hal bersifat baru, praktis, dan efisien. Dan dalam komputer pengguna menemukan hal yang mereka sukai tersebut. Dengan meluasnya pekerjaan yang ada saat ini dan dibutuhkannya alat yang mempercepat manusia dalam menyelesaikan tugas mereka yang banyak dan sulit, komputer menjadi penolong dan sumber daya yang praktis.
Tidak hanya itu, alat ini juga telah menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Pengguna tidak lagi membutuhkan komputer dengan fungsi dan program di dalamnya, tapi tampilan dan bentuk serta spesifikasinya banyak dicari orang banyak. Orang berlomba-lomba mendapatkan sebuah komputer atau laptop dengan kecanggihan paling baru dan desain yang menarik layaknya orang berperilaku dalam berpakaian saat ini.
Pengusaha-pengusaha yang memiliki uang yang cukup banyak mencari komputer dengan fitur-fitur yang memudahkan pekerjaan mereka dan desain tampilan alat yang modern dan sesuai dengan citra mereka masing-masing. Ditambah dengan adanya teknologi internet yang mempercepat akses informasi baik dalam negeri maupun luar negeri yang menambah kegunaan dan fungsi komputer bagi banyak orang. Melalui komputer semua orang dapat menikmati keuntungan internet. Sejak kemunculannya di AS, internet banyak digunakan dan disukai. Terlebih lagi sekarang dengan berbagai fitur baru, situs baru, dan teknologi baru yang menjadikan komoditas komputer penting dimiliki oleh banyak orang. Melalui internet, kita bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. Selain itu kita juga bisa mendapatkan Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Akan tetapi keterbatasan biaya terlebih lagi di Indonesia membuat orang tidak bisa memiliki komputer. Untuk mendapatkan teknologi canggih ini dibutuhkan biaya besar apalagi komputer dengan fitur terbaru dan lengkap. Oleh karena itu, di Indonesia banyak rental-rental komputer dibuat dan warnet pun bermunculan. Semua ini ada untuk memberikan layanan serta jasa bagi orang atau pihak yang tidak mampu membeli teknologi mahal ini. Dengan adanya usaha warnet dan rental diharapkan orang yang tidak memiliki alat ini dapat memakai fungsi komputer yang memudahkan dan menyelesaikan masalah pekerjaan mereka. Komputer seringkali digunakan sebagai media hiburan oleh banyak orang, seperti untuk mendengarkan musik dan memutar film. Komputer juga bisa digunakan untuk alat kerja, seperti untuk mengetik, berhitung, maupun untuk mendesain suatu gambar.Saat ini juga telah banyak perusahaan – perusahaan yang menggunakan komputer untuk menyimpan data dan dokumentasinya, mulai data – data pribadi hingga data – data penting perusahaan. Komputer juga telah digunakan oleh perusahaan – perusahaan sebagai alat sistem registrasi, menyimpan database perusahaan, hingga untuk mengotomatisasi sistem gaji karyawan.
Berdasarkan paparan sebelumnya dapat diketahui betapa pentingnya komputer dalam kehidupan manusia. Fungsi komputer dapat memenuhi kebutuhan manusia yang bertambah banyak seiring bertambahnya waktu. Di lain sisi komputer juga memberikan dampak buruk dalam pemakaian komputer yang dilakukan oleh para penggunanya.
Banyak orang yang mengetahui keunggulan dan keuntungan yang dapat diberikan oleh media ini, namun belum banyak yang tahu bahwa media ini juga dapat memberikan dampak negatif dalam kehidupan mereka yang menggunakan. Beberapa penelitian efek dan pengaruh negatif komputer pada para penggunanya menemukan bahwa terpaan media komputer dapat menciptakan sikap anti sosial, kecemasan komputer (computer anxiety), dan adiksi terhadap internet.
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media komputer ini. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing. Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat.
Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbu kekerasan di dalamnya. Dan berdasarkan beberapa penelitian, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam program televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video(video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
Anak-anak dan para pengguna games cenderung mengalami mati rasa dengan kekerasaan dan menganggap kekerasan merupakan hal yang wajar. Hal ini kemudian membentuk perilaku anti sosial para pengguna permainan komputer. Perilaku tersebut tercemin dari tingkat kepedulian yang rendah terhadap satu sama lain.
Pengaruh negatif lain yang diciptakan dari realisasi teknologi komunikasi adalah computer anxiety (kecemasan, ketakutan terhadap komputer). Nama lain dari kegunaan disfungsional dari komputer ini adalah cyberphobia dan computerphobia. Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkan yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah. Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet.
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi (kecanduan) pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi seperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya. Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.
Kehidupan modern di jaman sekarang ini banyak menggantikan komunikasi antar manusia menjadi komunikasi di komputer. Jaman sekarang ini orang berkomukasi melalui chatting, virtual community dan bisa berkomunikasi dengan semua orang di seluruh dunia. Dan kita menggantikan komunikasi bertemu muka dengan email yang efektif cepat. Inilah dunia cyberspace. Di dunia internet ini komunikasi manusia secara fisik digantikan dengan virtual. Sekarang ini orang berbicara di inte rnet, berpacaran di internet, diskusi di internet, sharing hidup di internet.
Lalu apa pengaruhnya bagi kita ? Secara cepat dan efektif kita bisa lebih cepat dalam komunikasi dengan orang lain namun satu hal yang menjadi bahaya adalah kita kehilangan sentuhan pribadi yang dalam. Didalam email kita tidak bisa melihat emosi secara psikologi yang nyata, kita tidak bisa melihat komunikasi yang hidup secara nyata, kita tidak bisa merasakan intonasi & suara sahabat kita. Cobalah terus menjalin hubungan dengan email dan pastinya komunikasi yang sangat bermakna di dalam percakapan akan menjadi hilang. Bandingkanlah komunikasi email dengan komunikasi menulis surat kepada teman. Kita pasti akan merasakan komunikasi tulis surat ini lebih bermakna. Walaupun demikian komunikasi, persahabatan dan hubungan yang paling bermakna adalah ketika kita bertemu antar muka dengan sahabat kita.
Manusia adalah mahluk sosial dan manusia banyak belajar hidup dari hidup bersama.
Bila kehidupan sosial kita di reduksi menjadi komunikasi di internet ada beberapa bahaya yaitu kita kehilangan hidup sosialiasi yang sesungguhnya. Komunikasi di komputer tidak mewakili sentuhan pribadi secara sepenuhnya. Pada hakikatnya manusia membutuhkan kehangatan dan persekutuan manusia. Manusia perlu kasih, teman dan aktivitas bersama langsung.
Pengaruh sosial yang buruk lainnya akibat penggunaan komputer adalah di bidang pendidikan. Sekarang ini filsafat pendidikan mengatakan bahwa pengetahuan itu diciptakan oleh murid dan guru itu hanya fasilitator yang kurang penting. Hal ini mengakibatkan guru tidak menjadi dipentingkan sebab murid dapat belajar sendiri di dalam dunia cyberspace yang luas. Informasi pendidikan begitu limpah dan luas di internet sehingga murid tinggal menjelajahi kemana jiwanya ingin menjelajah. Tidak terpaku pada ilmu guru yang terbatas, tidak terpaku pada kurikulum yang terbatas tetapi ke dalam dunia internet yang berisi banyak sekali materi pelajaran. Memang kita harus mengakui bahwa informasi di dunia digital sekarang ini begitu banyak. Materi buku-buku yang ada di perpustakaan ada dalam bentuk CD atau ada di dunia cyberspace ( internet ). Pengetahuan begitu banyak di dalam hidup ini dan semuanya disediakan. Namun demikian, ada dampak positif maka ada dampak-dampak negatifnya.
Dampak negatifnya maka hidup meneladani guru menjadi sulit karena kurang kontak personal. Padahal kita mengerti bahwa pembentukan karakter seseorang itu lebih penting daripada sekedar pengetahuan dan pembentukan karakter itu di dapat dari interaksi langsung dengan guru, orang tua dan hidup sosial. Teladan seorang guru di dalam pembentukan karakter menjadi tidak dipentingkan. Bagi dunia modern yang penting adalah pengetahuan sedangkan pembentukan hati dan moral tidak dipentingkan. Pengetahuan dianggap sebagai kekuatan dan bila orang menguasainya maka mempunyai kekuatan. Ini dapat mengakibatkan merosotnya moral serta karakter.
Ada lagi dampak negatif yang penting untuk diperhatikan. Dengan adanya banyak informasi di dalam dunia cyberspace ini maka ada banyak sekali pilihan. Dan juga tidak ada filternya bagi murid. Informasi yang baik disediakan namun informasi yang buruk juga banyak disediakan. Informasi mengenai membuat bom, mengenai pornografi, informasi mengenai ajaran sesat, informasi mengenai hal-hal berdosa semua ada di dunia ini dan dapat diakses siapa saja dengan bebas. Internet yang merupakan karya manusia selain membawa hal yang baik namun juga menjadi alat yang menghancurkan kehidupan manusia.

A Post Without Image

BERDASI 2010

BERDASI 2010
Pagi itu memang tak secerah biasanya. Tapi tak mematahkan semangatku untuk mengikuti outbond. Aku berkemas – kemas untuk menyiapkan peralatan yang akan aku bawa nanti saat outbond. Waktu terus berputar sampai akhirnya pukul 10.00 wib, teman ku pun datang untuk berangkat bersama – sama. 1 jam perjalanan walaupun di tengah perjalanan harus di guyur dengan air hujan, kita masih semangat untuk menuju kampus.
 2 jam berlalu, hujan masih mengguyur STIKOM walaupun tak sederas tadi saat aku berangkat menuju STIKOM. Tepat pukul 14.00 wib, kami pun berkumpul. Dan kami membentuk barisan se- grup. Ada 7 kelompok saat itu. Aku berbeda kelompok dengan teman ku. Aku kelompok enam dengan nama kelompok “ DOT. NET “. Heemp.. awalnya sih aku merasa asing dengan mereka, soalnya aku belum kenal sama meraka. Tapi lama kelamaan kita jadi kenal dan akrab. Ketua kelompok pun menyiapkan kelompoknya masing – masing. Setelah selesai di siapkan, para senior cewek dan cowok memeriksa barang – barang bawaan yang wajib di bawa oleh peserta kelompok. Setelah itu, para senior menyuruh kami untuk melihat daftar kelompok yang ada di kaca SG ( serba guna) woohh ternyata enggak Cuma di pisah kelompoknya saat outbond, tapi di saat perjalanan pun kita harus beradaptasi lagi. Saat aku melihat nama aku di lembaran kertas yang berisi nama kelompok untuk naik kendaraan atau naik truck untuk menuju ke jati jejer, aku sempet panik, soalnya tidak ada satu nama pun yang aku kenal di situ! Aku bingung setengah mati. Dan nama kelompok itu tidak ada nama ceweknya satu pun! Semuanya laki – laki!! Ya ampuunnn aku hanya menghela nafas panjang. Setelah mengetahui nama kelompok masing – masing, kami kembali ke lapangan dan membentuk barisan semula. Setelah itu, kami menuju ke SG untuk bergabung dengan kelompok besar. Heemp kelompok besar itu kelompok yang terdiri dari SI, SK, MI, dan KPK. Tapi sayangnya kelompok aku tidak ada anak – anak dari KPK. Kebanyakan dari SK yang mayoritas cowok – cowok hhehehhe....
Saat di perjalanan menuju jati jejer, aku hanya terdiam terpaku ceilee kayag lagu ae hhahahha. Hheempp enggak diem – diem banged juga ndak cie, ada tmend ku si vivi yang kebetulan dia juga satu truck asma aku walaupun beda kelompok. Tapi sayangnya, dia yang diam membisu soalnya takud muntah. Haddooowww terpaksa daah diam dan akhirnya tertidur pulas sampai tempat tujuan.
Kurang lebih 2 jam perjalanan menuju sana. Wooowww udara di jati jejer tak seperti uadara di surabaya yang panas dan penuh polusi, meskipun gitu aku cinta surabaya wkkwkwkwkwkkww ( lebayne kumat hhehhe). Yups udara disana sejukk banged, apalagi cuacanya mendung, wooww segaarr sekali disana. Pemandangnya pun bagus bangeet. Suasana yang masih asri dan elok. Subahanallah indah sekali ciptaan allah SWT. Kami membentuk barisan menurut kelompok besar, dan langsung menuju SG, tapi sebenarnya bukan SG sie, lebih tepatnya tempat ibadah orang nasrani, tapi ya sudahlah. Kita semua berkumpul disana. Mulai sore hingga petang kita berkumpul disana. Di sana kita enggak sekedar berkumpul, tapi disana juga ada gamesnya. Sebelum gamesnya di mulai, kelompok besar yang tadi di rubah eeiitts ndag di rubah tapi di gabung lagi dengan kelompok besar yang lain. So, dalam 1 kelompok ada 2 regu...
Kami pun berkenalan satu sama lain, setelah itu kami mendapat tugas untuk membuat sebuah karya seni yang bahan – bahannya sudah di siapkan oleh para panitia. Bahan – bahan yang sangat sederhana yang terdiri dari 3 macam warna sedotan, triplek, kertas, biji jagung, dan biji padi nama bekennya beras hhehe. Kita hanya diberi waktu kurang lebih 30 menit untuk membuat karya seni tersebut. Saat itu kami tak tahu harus berbuat apa dengan benda – benda itu, tak ada ide satu pun yang muncul saat itu.  Setelah beberapa menit untuk membuang waktu, akhirnya satu persatu pun mengusulkan ide mereka masing – masing. Namun, semua itu enggak langsung di kerjakan, masih ada perdebatan kecil di dalamnya. Dan akhirnya semua setuju denga ide lala untuk membuat sebuah karya seni yang bergambar 2 cowok dengn satu 1 cewek yang sedang bergandeng tangan. Yang mempunyai makna “ walaupun kita baru mengenal satu sama lain dalam waktu kurang lebih 1 jam ini, tapi kita dapat mebuat karya seni ini dengan tujuan, walaupun kita berbeda – beda prodi dan beberapa diantara kami yang tak saling mengenal, namun kita tetap keluarga dan memiliki satu misi dan visi yang sama untuk mencapi sebuah tujuan dan kesuksesan bersama!!”.
30 menit pun berlalu, karya seni kami pun di kumpulkan. Waahh ternyata anak – anak memang kreatif. hasilnya pun sangat luar biasa.. amazing!! Walaupun dengan bahan – bahan yang sederhana, mereka dapat menghasilkan karya seni yang indah dan makna yang terkandung pun tak kalah indah. Sungguh luar biasanya anak – anak STIKOM. dari sisi itu, aku dapat mengambil kesimpulan “ dimana kalau kita saling bergotong royong dan bersatu, walaupu itu kecil, tapi hasil yang akan kita raih akan menjadi luar biasa”.  Heeefftt rasa lelah dan letih pun mulai terasa.. mata yang mulai mengantuk, namun masih harus tetap semangat saat kak angga mengajak kami untuk menyanyikan yel – yel STIKOM.
“ jika kami bersama, kami saling menguatkan...
STIKOM pilihan kita, THE WINNER semboyan kita...
Dan kami pantang menyerah dimana pun kami berada..
Kami anag STIKOM, kami muda dan berbahaya...
Ooowww..oowww.oooww..oowww..oow..ooww..oowww...
Kami anag STIKOM, selalu berprestasi
Gapai cita – cita raihlah mimpi..
Tak pernah lelah dalam berkarya..
Lalalla..lallala.llalallalala...lalla...
Aku anak STIKOM SURABAYA
Sing ganteng – ganteng lan ayu – ayu
Selalu berkarya bersama – sama...
Tak kenal malas ataupun lelah....
La..lalla..lallala.llallaa.. hooii..
Lallala..allala.lallallaa... hoii!! “

Yel – yel itu membuat semangat kami semakin membara ( ciiiee membara jare hhhehe lebayy daaah hhoho). Yel –yel yang menyatukan kami dan melupakan perbedaan prodi di antara kami semua Mahasiswa STIKOM. kami semua satu saudara, satu jaz almamater, masuk ke STIKOM bersama dan keluar dari STIKOM pun harus BERSAMA!! Amieennn......
Udara malam yang dingin pun sudah sangat terasa, acara di dalam SG pun di akhiri. Kelompok besar pun di bubarkan, kami kembali kelompok prodi masing – masing. Anak – anak SK, KPK, dan MI masih tetap berada di dalam SG... sedangkan anak – anak SI harus berkumpul di lapangan. Kami mebuat barisan per- kelompok prodi yang sudah di bagi oleh para panitia. setelah di bagikan kakak – kakak pembimbing, kami di persilahkan untuk istirahat di dalam tenda yang sudah dibagikan. Huufftt akhirnya tidur juga hhehhe.......
Kurang lebih pukul 04.00 wib. Hehhe maklum enggak bawa jam jadi ndag tau jam berapa. Yang pasti saat subuh. Kami harus sudah berkumpul kembali di lapagan. Tapi sayangnya, gara – gara aku bangun telat dan belom siap, aku telat dateng ke lapangan, dan akhirnya dapet hukuman. tapi ya mau gimana lagi, kan emang aku yang salah. Setelah kakak pembina mengambil perlangkapan outbond kami, kami di persilahkan untuk kembali ke tenda lagi. Dan set 6 pagi kami harus sudah siap kembali.
Pagi ini, hari pertama kami melakukan outbond.. dan outbond yang pertama ini, kita mendaki bukit lewati lembah bersama teman berpetualang hhehe iku lak lagu ne ninja hatori eoo hehhehe.. heempp masih dengan semangat 45 kita berangakatt...!!! hhohohohoh.....
di setiap perjalanan, kami kelompok DOT. NET menyanyikan yel – yel kelompok kami..
“ di kampus senang.. di outbond senang..
Dimana – mana hati ku senang...
Di rumah senang,, di royal senang..
Dimana – mana hatiku senang...
La..lalla,,lalla,,lalla,,lallal,,,,
Tim DoT.Net ok.. Tim DOT.Net ok..
Tim DOT.net memang paling ok...
Tak kenal lelah.. tak kenal menyerah...
I               tulah kami TIM DOT.Net...
La.. lala..lalla.llaa..llalalal..lallallaa.... “
Kami berjalan melewati pohon tinggi – tinggi, jalanan yang becek akibat hujan semalam, melewati sungai berwarna coklat, dan yang paling mengerikan ada jurang juga. Tapi, dimana ada yang mengerikan, dibalik itu semua pasti ada keindahan. Yups bener banget ada keindahan yang sangat menakjubkan... pemandangan yang subahanallah yang sangat indaaahhh sekali. Tak dapat di lukiskan dengan kata – kata... pokok.e uapiikk tenan pemandangannya. Sayang di surabaya tak ada pemandangan se indah itu hhehe yang ada hanya bangunan tinggi yang menjulang langit. Di setiap perjalanan, kami bernyanyi – nyanyi dan menikmati pemandagan di sekitara kami.. sayangnya, moment yang indah itu tak dapat di abadikan. Kami saling menjaga satu sama lain, melindungi satu sama lain saat kami mendaki bukit. Di atas bukit sana kami melakukan beberapa games. ada games spiderman yang tujuan dari games itu adalah membentuk rasa kekompakan, saling bergotong royong saling mebantu satu sama lain untuk melewai tali – tali spider itu.  Games ke – 2, kita di sruh membuat nama grup dari daun – daunan dan bungan di sekitar kita heempp tujuan dri games itu untuk membentuk kekreatifitasan kita dengan bahan – bahan yang sederhana yang ada di sekeliling kita dan dapat menggunakannya dengan sebaik- baiknya. Games ke – 3, adalah waterprof yang tujuan dari games itu untuk selalu kompak, berkerja sama dan selalu semangat. Lalu games ke – 4 yang kita berada di atas puncak, kita mendapat games kalau menurutku sih semacam games psikolog di situ kita mendapat pertanyaan yaitu;” ada sebuah sekoci yang hanya dapat menolong 2 orang saja. Sedangkan,  ada 4 orang yag masih belum di tolong diantaranya adalah orang yang sakit, kakek tua, ibu hamil, dan anak kecil. Kami hanya mendapat kesempatan menolong 2 orang dari 4 orang tersebut. Siapakan yang akan kalian tolong?”. Games itu bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari setiap kepribadian seseorang. Tiba – tiba hujan pun turun,  kami semua bergegas menggunakan mantel. Dan saat itu, kak anom pun memberikan instruksi kepada kami untuk membuat lingkaran dan bermain games bersama kak anom.  Walaupun hujan mengguyur kami pada sore itu, tapi kesemangatan itu masih ada pada diri masing – masing individu.  Setelah beberapa menit bermain, ada kakak senior yang memberikan instruksi ke kita untuk berpindah lokasi. Jalanan begitu licin, kami harus menuruni bukit dengan hati – hati dan saling menjaga satu  sama lain. Saling berpegang tangan satu sama lain. Walaupun hujan yang begitu deras, panorama disana tetaplah elok dan indah. Hingga akhirnya, kita sampai di atas bukit sebrang dari bukit yang tadi. Hujan sudah reda, dan saatnya kita untuk makan sore hhehhe..  time-nya bener tepat suasana dingin, capek naik turun bukit, dan yang pasti perut lapar hhohohoho. Anak – anak pun melahap habis makanan tersebut. Setelah selesai makan, kita kembali ke acara selanjutnya. Acara selanjutnya adalah games lagi. Hemp q lupa nama games yang terakhir itu, yang jelas maksud dari games terakhir itu adalah kita harus saling kompak, percaya dengan leader atau TIM kita, dan yang pasti SEMANGAT!!
Hari pun mulai senja, acara games pun telah selesai. Kami semua pun kembali menuju tempat perkemahan. Kami semua pun di izinkan untuk bersih – bersih diri dan beristirahat sejenak setelah aktifitas seharian. Pukul 17.30 wib kami bergegas untuk berkumpul di lapangan lagi. Dan cuaca pada saat itu sedangt hujan. Udara yang dingin di tambah denga guyuran air hujan serasa berada di kutub utara hehhe lebaayyyy daahh. Saat berkumpul satu regu, ada dua anak yang hilang, yaitu manurung sama ghani. Para panitia sempat marah dan panik. Salah satu yang hilang adalah dari kelompok ku ( dot.net ) ketua regu kami pun mencari mereka dan juga di bantu oleh kakak panitia. sambil menunggu, kami pun menuju ke balkon gereja untuk makan malam di sana. Suasana hening dan dingin pun menemani makan malam kita saat itu. Seusai makan malam, kita semua di ajak untuk merilekskan badan dengan saling memijit badan teman di depan kita. Heeemmpp lumayan agak enakan lah. Ya meskipun kaki rasanya capek banged. Setelah itu, kami turun ke bawah dan kami mendapatkan pengetahuan tentang sejarah SI, materi dan wawasan SI.  Setelah beberapa jam kami mendegarkan orang – orang hebat di depan kami tadi, kami pun berkupul agy di bawah.. hawa dingin dan hujan pun masih setia menemani kegiatan kami.

Tapi yang ada saat itu, kakak – kakak senior yang ada di bawah sudah siap untuk memarahi kami. Ya mungkin ini juga kesalahan dari kami juga. Jadi, air hujan yang daritadi menemani kita juga menjadi saksi bisu kita di marahi hehehe ( maaphh kakk ). Setelah selesai kami dimarahin, kami kembali ke tenda untuk istirahat. Waktu telah menunjuk pukul 24.00 wib. Aku dan teman – teman ku pun kembali ke tenda. Saat itu tidurku bener – benr puless banget. Lagi enak – enaknya tidur, aku terkejutkan dengan suara kakak senior yang membangunkan kita. Aku pikir saat itu sudah hampir subuh. Tapi ternyata baru jam 01.00 pagi. Dan pemikiran ku saat itu mungkin kita akan melakukan jerit malam. Heempp ternyata salah juga. Yang ada kita di hukum. Tapi yang ini lebih parah dari yang tadi. Dan ini memang real kesalahan dari kami!! Ada kakak senior yang menemukan teman kami yang sedang asyik “ngerokok” hassshh rasanya mangkel banget saat itu. Jelas aja kakak senior marah sejadi – jadinya. Ga’ isa bayangin lah gimana kecewanya mereka saat itu. Tapi, di balik itu semua kemarah itu membuat kita sadar! Kita semua saudara dan kita harus saling mengingatkan satu sama lain, dan bersatu satu sama lain! Sejak saat itu, sejak kemarahan kakak – kakak senior semalam, membuat kita semakin kompak dan bersatu! Kita mau jadi THE WINNER dan kita ingin berubah!!! Semangat kemarin nggak boleh pudar dan pupus saat kita kembali ke kampus. Sebelum acara outbond selesai pada siang itu, kami pun menunjukkan aksi kami dengan menyayikan yel – yel prodi kami. Salah satu dari teman kami menjadi leader kami untuk memimpin kami yel – yel..
Ferdy pun berada di depan kita...
“BERDASI 2010 “ ucap ferdy dengan lantang
“ WILL be act, will be fight, and will be the winner !! “ kami pun tak kalah lantang dengan ferdy.
“THE WINNER “ ucap ferdy
“YES...!”
“THE WINNER..!!”
“YES..!!”
“THE WINNER...!!”
“YES..!!”
Dengan hanya menggunakan nada hentakan kaki yang keras dan tepuk tangan yang keras, kami pun memulai menyanyikan yel.. yel kami..
“Arek SI.. arek Si .. Arek SI... itulah kami..
Arek Si.. arek Si..Arek si... ga’ pernah mati...
Kita selalu mandiri berprestasi.. iih..iihh...
Cuma sistem infomasi.. prodi kami yang selalu sehati..
                Areg Si.. Areg SI.. Arek Si.. sing no siji...
                Arek SI.. Arek Si.. Arek SI .. paling di golek.ihh..
                Anaknya selalu happy eo west pasti..iih..iih..
                Papa jangkung dukung kami....
KETIK REG SPASI.. AREK SI.. AREK SI...AREK SI... KAMI BISA..!!!! ( sambil loncat ).
Semoga semangat outbond kemarin enggak berhenti di situ saja. Dan masih kita bawadi kampus dalam meraih prestasi kami!!!!!!!!